Minggu, 25 Juli 2010

Trik Interview Kerja (5-10)

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

A). Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

B). Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

C). Saya memiliki latar belakang yang kuat dalam pelayanan kepada konsumen. Baik konsumen internal maupun eksternal. Saya dapat membanggakan kemampuan yang saya miliki dalam hal bekerja dengan orang banyak dan menyelesaikan persoalan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah terpilih sebagai tenaga pelayanan pelanggan terbaik setiap kwartal.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

B). Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ia memberi gambaran luas tentang apa yang Anda bawa untuk posisi tersebut. Bukan hanya yang disyaratkan keahlian teknis—tetapi juga nilai tambah dari kemampuan Anda untuk bekerja secara langsung dengan konsumen. Demikian juga kemampuan yang kuat untuk menyampaikan informasi teknis dalam konteks makna sederhana dalam ketatnya persaingan kerja. Sangatlah perlu bagi Anda untuk memikirkan keunggulan Anda lebih dari sekadar memenuhi kualifikasi. Apa lagi yang dapat Anda tawarkan yang tidak dapat ditawarkan kandidat lain. Semakin banyak keahlian yang Anda masukkan dalam jawaban Anda, semakin banyak informasi yang akan dinilai sang pewawancara baik yang menjadi prasyarat atau di luar itu.

Jawaban Pertengahan

C). Meskipun jawaban ini kuat, namun tidak sekuat jawaban (B). Jawaban ini bagus, karena memberitahukan kepada sang pewawancara bahwa Anda memiliki kemampuan yang kuat untuk bekerja dengan konsumen internal dan eksternal, serta menyelesaikan segala persoalan. Jawaban ini akan lebih kuat jika Anda menggabungkannya dengan beberapa keahlian yang berasal dari pengalaman atau pengetahuan Anda, seperti pengetahuan tentang industri atau produk.

Jawaban Terlemah

A). Ini adalah jawaban yang sangat umum, yang dapat digunakan dalam posisi apa pun. "Saya suka berbagi dengan orang, telah terbiasa membantu orang lain menyelesaikan masalah," juga merupakan konsep yang terlalu umum untuk membuat kesan bagus pada sang pewawancara.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

6. "Apa kelemahan terbesar Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

A). Kelemahan bukanlah sesuatu yang menjadi pikiran saya. Saya menyadari, saya dapat meningkatkan kesabaran saya pada saat bekerja dengan orang yang tidak memiliki kesamaan langkah dengan saya. Saya suka membantu anggota tim yang punya masalah. Saya justru dapat bergerak maju daripada menjadi seorang yang frustasi dan tidak melakukan apa pun.

B). Saya adalah seseorang yang suka melakukan pekerjaan dengan benar sejak awal. Saya akan menjadi sangat frustrasi ketika pekerjaan orang lain mempengaruhi kemampuan saya untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Saya biasanya bekerja dengan mencoba untuk lebih memahami dan menyimpulkan suatu masalah sebelum saya memberikan pendapat atau keputusan.

C). Kelemahan saya adalah bekerja terlalu keras untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Karena dengan beban kerja yang ada saya harus bekerja tiap malam dan tiap pekan agar pekerjaan saya selesai tepat waktu. Saya mencoba untuk bekerja secara bijak, cerdas, bukan keras.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

A). Di dalam jawaban ini terdapat penjelasan yang amat sungguh-sungguh dan jujur. Saat pemikiran ke masa depan tertuang dalam jawaban ini. Jawaban ini juga menunjukkan keinginan Anda untuk melakukan perbaikan dan tindakan apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan persoalan dalam pekerjaan.

Jawaban Pertengahan

B). Ini bukanlah suatu jawaban yang buruk. Bagaimanapun, sang pewawancara akan mengira bahwa Anda adalah orang yang mandiri dan sempurna, dan hal itu dapat menyebabkan suatu masalah. Hindari mengeluarkan pernyataan yang bersifat pribadi, yang di kemudian hari dapat menyulitkan diri Anda untuk menuju ke perubahan. Dalam menjawab pertanyaan, hal terbaik adalah menunjukkan sesuatu yang dapat memperbaiki kelemahan Anda dalam bekerja: "Saya dapat melakukannya."

Jawaban Terlemah

C). Ini adalah sebuah jawaban yang sangat kuno dan sepantasnya dihindari "bekerja terlalu keras". Ini adalah sebuah pemikiran yang kedengarannya lucu. Sang pewawancara mungkin akan peduli tentang bagaimana Anda bekerja keras, apakah karena beban kerja yang terlalu berat atau karena kebiasaan malas bekerja Anda.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

7. "Kapankah Anda pernah merasa paling termotivasi?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Pada pekerjaan yang sebelumnya saya bertugas untuk berhadapan langsung dengan para pelanggan dan masalah-masalah mereka. Yang saya sukai adalah memecahkan masalah dan membantu orang lain. Kadang-kadang susah juga karena orang-orang itu selalu saja mengeluh dan merasa kesal terhadap saya. Saya berusaha untuk tidak menganggapnya sebagai persoalan pribadi, tetapi saya akui ada kalanya juga hal itu merupakan suatu tantangan. Yang memotivasi saya adalah tatkala para pelanggan tersebut meluangkan waktu untuk mengatakan kepada saya bahwa mereka menghargai pelayanan yang diberikan.

(B) Tahun yang lalu saya terlibat dalam sebuah proyek yang sangat mengasyikkan. Saya ditugaskan untuk bekerja dalam sebuah tim, dan kami harus melakukan brainstorming tentang sebuah produk yang tidak mendapat sambutan hangat oleh para pelanggan. Saya akan bangun pada pagi hari sambil memikirkan cara-cara kreatif untuk mengatasi masalah kami. Bagian terbesar istimewa dari proyek ini adalah tim yang bekerja dengan saya. Tim ini dan pemecahan masalah kreatif adalah hal yang paling menonjol dalam memberikan motivasi kepada saya.

(C) Saya cukup termotivasi di sepanjang waktu. Saya merasa senang membantu memecahkan masalah bagi para pelanggan. Saya menyukai tantangan dari sebuah masalah baru dan peluang untuk memikirkan kiat-kiat memecahkan masalah. Saya benar-benar merasa tidak termotivasi manakala yang saya miliki hanyalah potongan-potongan dari masalah orang lain yang mesti dibereskan. Saya menyukai mengambil sebuah proyek dari awal sampai akhir.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena inilah jawaban yang paling spesifik. Anda dapat merasakan adanya antusiasme dan energi yang kuat di balik motivasi dan kepuasan ini. Coba pikirkan saat Anda terakhir kali merasa termotivasi. Bagaimanakah rasanya?

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini cenderung memberikan tekanan pada segi-segi negatif pekerjaan yang hampir sama besarnya dengan segi-segi positif yang memotivasi dari pekerjaan tersebut. Akan menjadi jawaban yang lebih kuat bila Anda hanya membicarakan tentang membantu orang lain dan memecahkan masalah, khususnya saat-saat di mana orang lain menghargai pelayanan Anda.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban yang paling lemah dari ketiga jawaban di atas tadi karena hampir semua orang dapat mengatakan hal ini. Jawaban ini juga bisa berbalik menjadi negatif tatkala mulai fokus pada menjadi "tidak termotivasi." Karena hal itu bukanlah bagian dari pertanyaan, maka bukanlah sebuah ide yang bagus untuk memberikan informasi yang dapat ditafsirkan sebagai keluhan atas tugas-tugas harian, yang mana merupakan bagian dari hampir semua pekerjaan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

8. "Bagaimanakah Anda akan memberikan gambaran tentang kepribadian Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya adalah seseorang yang berenergi tinggi dan pekerja keras. Saya sangat cepat belajar dan beradaptasi dengan baik. Saya sangat bertanggung jawab atas tenggat waktu. Saya punya kemampuan bergaul dengan baik. Saya punya perilaku yang sangat optimistis yang dapat membantu menjaga moral departemen tetap tinggi. Saya punya kemampuan bergaul baik dengan setiap orang.

(B) Saya adalah seseorang yang punya energi tinggi yang termotivasi oleh tantangan-tantangan dan masalah-masalah baru. Saya dapat berlari lebih kencang dari siapa pun yang saya kenal. Saya punya catatan kesuksesan yang telah terbukti dan reputasi dalam hal menepati tenggat waktu. Sikap saya terhadap pekerjaan adalah "apa pun akan ditempuh agar pekerjaan selesai." Siapapun di departemen saya akan memberitahu Anda bahwa saya adalah seseorang yang benar-benar mendukung semangat tim.

(C) Saya adalah seorang ahli dalam memecahkan masalah yang cepat dalam menganalisis data dan mengubahnya ke dalam bentuk informasi yang berguna. Kekuatan saya adalah kemampuan dalam hal mengubah rincian yang rumit menjadi bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Selama ini saya mampu menghemat waktu dan uang perusahaan dengan memberikan solusi-solusi yang jitu.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena energi yang diperlihatkannya. Jawaban ini memberikan gambaran tentang kepribadian Anda dengan cara yang unik: bukan hanya seorang pekerja keras yang memiliki sikap yang baik namun juga seorang pribadi yang dapat beradaptasi dengan sikap "apa pun akan ditempuh agar pekerjaan selesai." Hal ini diikuti lagi dengan adanya endorsemen dari teman-teman sekerja Anda tentang kemampuan Anda sebagai seorang "pemain dalam tim."

Jawaban Pertengahan

(A) Tak ada apa pun dalam jawaban ini yang membuat Anda unik. Jika Anda bandingkan kata-kata dalam jawaban (B) dengan kata-kata dalam jawaban (A), akan Anda perhatikan bahwa secara mendasar keduanya mengatakan hal yang sama. Bedanya adalah adanya tambahan "kecepatan." Istilah-istilah yang digunakan dalam jawaban ini terasa kering. Orang-orang dalam persentase yang tinggi akan menjawab dengan "pekerja keras." Jika Anda memang mengatakan bahwa Anda adalah seorang pekerja keras, maka jawabannya akan lebih kuat bila Anda menunjukkan waktu kapan Anda bekerja melampaui yang dibutuhkan: "Saya sering bekerja 10 jam sehari." Secara keseluruhan jawaban ini membutuhkan adanya suatu penekanan.

Jawaban Terlemah

(C) Jawaban ini lebih banyak menunjukkan kemahiran dibandingkan kepribadian Anda. Dalam jawaban ini terdapat fokus yang kuat pada kemampuan menganalisis pemecahan masalah namun satu dimensi. Dengan memberikan tambahan ciri-ciri kepribadian yang lebih dapat ditransferkan, seperti keahlian berkomunikasi, Anda akan memberikan gambaran diri Anda yang lebih baik dan lengkap.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

9. "Apakah Anda pernah dipecat?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya menerima pekerjaan terakhir sebagian karena saya memiliki hubungan yang baik dengan atasan saya. Setelah saya bekerja di sana enam bulan, dia meninggalkan perusahaan tersebut. Sejak dari awal sudah tampak jelas bahwa antara saya dan atasan baru saya akan saling bertentangan. Kami memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Dia sering mengganti-ganti aturan. Suatu hari dia inginnya begini, dan pada hari berikutnya dia maunya begitu. Orang ini benar-benar arogan dalam gaya pendekatan manajemennya. Pada suatu hari dia memanggil saya dan memberitahu bahwa saya dipecat, tanpa penjelasan apa pun. Dia memecat saya, itu saja!

(B) Salah seorang manajer yang melapor kepada saya telah melakukan kesalahan yang besar sehingga menyebabkan perusahaan kehilangan uang dalam jumlah besar. Karena saya adalah atasannya, kami berdua dipecat. Pada awalnya saya pikir ini tidak adil. Kini saya menyadari bahwa orang itu berada di bawah pengawasan saya dan hal itu berada pada giliran saya, dan saya bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi. Saya telah meletakkan insiden itu di belakang saya dan kini saya sedang melangkah ke depan untuk mencari peluang-peluang baru.

(C) Saya melakukan kesalahan dalam memberikan penilaian yang bertentangan dengan kebijakan perusahaan dan dipecat. Saya tidak bangga atas apa yang saya lakukan itu dan bersikap keras terhadap diri saya atas kesalahan tersebut, namun saya juga telah belajar banyak dari kesalahan insiden tersebut. Tak ada gunanya tetap bergantung pada masa lalu. Saya akan lebih berhati-hati atas tindakan yang saya lakukan pada masa depan. Saya siap untuk kesempatan kedua dan saya tahu bahwa kini saya akan menjadi seorang karyawan yang lebih baik akibat pengalaman ini.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena di dalamnya ada kejujuran dan kebijakan untuk menerima keadaan yang berada di luar kendali Anda dan bersedia bertanggung jawab. Memiliki kemampuan untuk menatap mata sang pewawancara dan mengakui bahwa Anda telah melakukan suatu kesalahan bukanlah suatu hal yang mudah, namun dalam jangka panjang hal itu akan mendapat ganjaran yang sepadan.

Jawaban Pertengahan

(C) Jawaban ini tidak berbelit-belit dan jujur apa adanya. Berterus terang adalah cara yang lebih baik dalam mengatasi situasi ini dibandingkan berbohong karena satu kebohongan akan mengarah pada kebohongan-kebohongan lainnya. Cara Anda menyampaikan jawaban ini akan sama pentingnya dengan jawaban itu sendiri. Anda telah melanggar kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan tidak akan memberi peluang kepada Anda begitu Anda pernah dipecat. Akan tetapi, akan ada perusahaan-perusahaan yang menghargai kejujuran dan ketulusan Anda dan bisa saja melihat hal ini sebagai sebuah sikap yang terpuji.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena menimpakan kesalahan ke pundak orang lain. Walaupun ini di luar kendali Anda dan Anda pun merasa tidak patut untuk dipecat, bukanlah sebuah ide yang bagus mencelah pihak manajemen perusahaan. Yang terbaik adalah dengan mengatakan bahwa tatkala atasan yang dulu mempekerjakan Anda telah pergi maka posisi telah berubah dan sudah tidak cocok lagi dengan nilai-nilai dan tujuan Anda. Bila Anda dikejar lagi dengan pertanyaan, Anda dapat mengatakan bahwa atasan baru Anda memiliki gaya bekerja yang berbeda dengan Anda.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

10. "Mengapa begitu lama baru Anda menemukan sebuah pekerjaan?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Karena pasar tenaga kerja begitu ketat, saya tidak mau asal-asalan dan berusaha untuk mencari sembarang pekerjaan. Saya menunggu saat yang tepat, sambil memikirkan untuk menemukan pekerjaan "tepat." Saya mendatangai beberapa wawancara informasional untuk mencari tahu peluang-peluang apa yang ada di luar sana dan ke arah mana industri tersebut diarahkan. Saya juga mengikuti beberapa kursus jarak jauh melalui internet dan beberapa kursus singkat lainnya. Harus saya akui bahwa saat-saat untuk melakukan riset dan penjelajahan merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi saya.

(B) Saya benar-benar tidak yakin. Saya punya latar belakang yang sangat bagus dengan pengalaman lima tahun di industri ini dan pengetahuan mengenai beberapa program perangkat lunak. Saya tahu bahwa di luar sana ada banyak orang yang memiliki keahlian serupa, namun yang membedakan saya dengan orang-orang itu adalah kemampuan saya dalam menjalin hubungan dan bekerja dengan para pelanggan dari beragam latar belakang. Dengan memiliki kombinasi keahlian teknis dan keahlian bergaul dengan orang telah membantu saya untuk maju. Saya sedang mencari sebuah peluang di perusahaan yang menaruh penghargaan atas pelayanan pada pelanggan.

(C) Di luar sana bursa tenaga kerja benar-benar ketat, dan tidaklah mudah mendapatkan pekerjaan. Selama ini seluruh waktu saya tercurah untuk mencari kerja. Saya cuma belum beruntung saja. Saya telah melakukan semua hal yang semestinya seperti membangun jaringan dan pergi ke klub-klub dan pertemuan-pertemuan pekerjaan, namun tampaknya keahlian saya belum dibutuhkan. Saya tahu bahwa di luar sana ada banyak orang yang juga sedang mencari kerja. Persaingan sangat ketat.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling jujur. Jawaban ini juga mengelak dari pertanyaan dan fokus pada apa yang harus Anda tawarkan, khususnya apa yang membedakan diri Anda dari semua orang lain yang sedang melamar pekerjaan ini. Membicarakan tentang apa yang dapat Anda berikan pada pekerjaan ini, bukannya apa yang telah Anda tempuh untuk sampai pada tahapan tes wawancara ini adalah sebuah teknik yang baik.

Jawaban Pertengahan

(A) Ini adalah sebuah jawaban yang lumayan bagus karena menerangkan apa yang selama ini Anda kerjakan selama Anda masih menganggur. Jawaban ini dapat memberikan keuntungan dari informasi tentang apa yang telah Anda temukan dalam pencarian informasi yang Anda lakukan atau apa yang harus Anda tawarkan sebagai hasil dari pencarian Anda.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban paling lemah karena di sini Anda menyalahkan perekonomian atas "ketidakberuntungan" Anda. Dalam jawaban ini juga disebutkan bahwa keahlian Anda belum dibutuhkan dan bukannya memberikan gambaran apa yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan keahlian-keahlian yang Anda miliki guna membuat diri Anda menjadi lebih mudah memperoleh pekerjaan. Jawaban ini memiliki suatu nada yang pasif. Sang pewawancara bisa saja berpikiran bahwa tak ada orang lain yang mau mempekerjakan Anda dan barangkali diri Anda bukanlah produk yang diminati.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar