Minggu, 25 Juli 2010

Trik Interview Kerja (11-14)

11. "Pengalaman apa yang Anda miliki sehingga Anda memenuhi syarat untuk menempati posisi ini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Pengalaman saya sangat pas dengan syarat-syarat yang dibutuhkan bagi posisi ini. Saya memenuhi semua persyaratan Anda. Saya pikir, saya dapat memberikan nilai tambah pada posisi ini melalui pemahaman dan pengetahuan saya di bidang bisnis internasional di negara-negara Asia. Memiliki kemampuan bahasa dan pemahaman atas norma-norma budaya akan menjadi sebuah aset yang sangat berguna dalam berhadapan dan bernegosiasi dengan perusahaan-perusahaan dari negara-negara tersebut.

(B) Saya tahu bahwa saya mampu melakukan pekerjaan ini. Saya memiliki keahlian-keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk berhasil di sini. Saya ingin bekerja untuk perusahaan ini, dan saya rasa posisi ini akan menjadi sebuah peluang dan sebuah tantangan bagi diri saya. Saya adalah orang yang suka tantangan, dan saya pun berkeinginan untuk terus tumbuh dan mempelajari keahlian-keahlian baru. Saya memiliki kekuatan dalam memecahkan persoalan dengan menggunakan data analitis. Saya suka bekerja dalam tim dan menyumbangkan solusi.

(C) Dengan pengalaman enam tahun bekerja di industri elektronika, saya telah bekerja pada tipe-tipe sistem yang dibutuhkan bagi pekerjaan ini. Kekuatan saya adalah pada keahlian kepemimpinan yang saya miliki. Saya telah menjadi pengawas bagi para teknisi dan para petugas tester dengan jadwal 24/7. Jika Anda bertanya pada para anggota staf saya tentang diri saya, mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya selalu ada manakala mereka membutuhkan saya. Saya sangat mudah beradaptasi dan telah bekerja sampai 70 jam dalam sepekan sehingga kami dapat menepati tenggat waktu.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat. Jawaban ini memberikan gambaran yang luas tentang diri Anda dan bagaimana keahlian-keahlian yang Anda miliki akan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh sang pewawancara. Di sini ada contoh-contoh tentang kekuatan-kekuatan di area teknologi, keahlian kepemimpinan (yang dipandang sebagai keahlian yang transferable), dan kesediaan Anda untuk melakukan "apa pun agar pekerjaan selesai." Adanya "endorsemen pihak ketiga" dari orang-orang yang pernah bekerja bersama Anda sangat membantu. Berbicara melalui komentar-komentar dari orang lain adalah sebuah teknik yang kuat untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab pertanyaan.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini memiliki titik kuat, namun ia tidak memberikan gambaran yang menyeluruh sebagaimana halnya pada jawaban (C) tadi. Kapan saja Anda bisa berbicara tentang "nilai tambah" bagi sebuah perusahaan, entah itu dengan kemampuan berbahasa, keahlian bergaul dengan orang, atau kemampuan melakukan sesuatu yang hampir semua calon lainnya tidak dapat, hendaknya Anda menjual hal itu sebagai sebuah titik kuat. Dengan menggantungkan betapa besarnya nilai Anda pada posisi tersebut, hal ini dapat menunjukkan keistimewaan Anda sebagai calon yang terpilih.

Jawaban Terlemah

(B) Jawaban ini terlalu terfokus pada apa yang dapat dilakukan oleh pekerjaan itu bagi Anda. Penekanan terbaik seharusnya pada apa yang dapat Anda lakukan bagi perusahaan itu. Jawaban ini akan lebih kuat bila menyertakan informasi yang spesifik tentang pengalaman Anda selama bertahun-tahun dan tipe-tipe masalah yang telah dipecahkan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

12. "Bagaimanakah atasan Anda yang sekarang atau mantan atasan Anda akan memberikan gambaran tentang kinerja Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya dan atasan saya yang terakhir memiliki kepribadian yang sangat berbeda, dan kadang-kadang hal itu menimbulkan konflik. Saya pikir dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya di atas semua itu adalah seorang profesional dalam hal berhubungan dengan para pelanggan, baik internal maupun eksternal. Dia juga akan mengatakan kepada Anda bahwa saya menepati semua tenggat waktu yang diberikan.

(B) Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah "tangan kanan"-nya. Dia yang akan membuat keputusan dan sayalah yang mengerjakan latar belakang dan pekerjaan teknisnya—dia mengandalkan saya untuk melakukan semua kalkulasi dan proses pemasukan data pada berbagai proyek. Saya akan meluruskannya manakala dia hendak menyimpang dari jadwal, dan saya akan datang menolong manakala dia membutuhkan bantuan. Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya tetaplah temannya walaupun kami sudah bekerja bersama selama lima tahun.

(C) Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya memiliki keahlian-keahlian yang sangat baik dalam bekerja dengan semua orang dari beragam latar belakang. Dia menominasikan saya untuk menerima penghargaan dalam hal pelayanan terhadap para pelanggan yang sangat baik yang telah saya lakukan selama ini di perusahaan. Dia memperlakukan saya dengan penuh hormat dan memberikan umpan balik yang saya perlukan untuk belajar dan tumbuh dalam pekerjaan saya. Dia juga akan mengatakan kepada Anda bahwa saya sangat dapat diandalkan dan senantiasa menepati tenggat waktu yang diberikan.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan gambaran yang jelas bagaimana Anda bekerja dengan pihak yang punya otoritas: suportif dan bertanggung jawab. Jawaban ini memberikan informasi kepada sang pewawancara tentang keahlian-keahlian dan kemampuan-kemampuan teknis Anda serta kelenturan dan kesediaan Anda. Jawaban ini juga menyampaikan hubungan yang Anda bangun dengan atasan Anda. Tidak semua pekerjaan berakhir dengan hubungan pribadi, namun jika Anda dapat mengutip atasan Anda atau menyebutkan sesuatu yang positif yang dikatakan oleh seorang atasan dalam suatu tinjauan kinerja, maka hal itu akan memperkuat jawaban Anda.

Jawaban Pertengahan

(C) Ini adalah sebuah jawaban yang dapat diterima namun tidaklah sekuat jawaban (B) tadi karena tidak spesifik. Jawaban ini menunjukkan adanya keahlian yang bagus dalam berkomunikasi dan bergaul dengan orang serta bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan dan mampu menepati tenggat waktu, yang mana itu adalah suatu hal yang baik, namun perlu diperkuat oleh adanya contoh. Fakta bahwa Anda dinominasikan untuk menerima suatu penghargaan sudah tentu suatu hal yang sangat patut disebutkan.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah jawaban yang lemah. Yang terbaik adalah hindari untuk membicarakan tentang adanya perbedaan-perbedaan dengan cara yang negatif. Walaupun jawaban ini tidak benar-benar "mengkritik" atasan atau perusahaan tempat kerja Anda, namun ini menunjukkan bahwa ada masalah. Titik perhatian sang pewawancara bisa jadi adalah bahwa Anda tidak dapat bergaul dengan baik dengan para atasan Anda. Jawaban ini memiliki sudut positif karena bicara tentang sikap profesional dan kemampuan menepati tenggat waktu. Seorang pewawancara yang baik akan meneropong lebih jauh lagi dan mencari tahu seperti apakah konflik yang terjadi.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

13. "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya telah melakuan riset atas perusahaan ini dan mengecek misi yang Anda nyatakan serta ide-ide, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip yang Anda dukung. Saya sangat akrab dengan produk-produk Anda dan perusahaan-perusahaan pesaing Anda. Saya meneliti latar belakang kedua orang pendiri perusahaan ini dan menyusuri jejak karir dan kesukesan mereka. Saya tahu bahwa saat ini harga saham Anda sedang turun namun Anda sedang bersiap-siap meluncurkan sebuah produk baru. Saya tahu bahwa saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini.

(B) Minat saya terhadap perusahaan ini dimulai semenjak saya masih kuliah dan membuat makalah penelitian tentang berbagai perusahaan dan saham. Saya telah mengikuti perkembangan perusahaan ini: pasang-surutnya. Saya bahwa akhir-akhir ini ada beberapa deal yang dilakukan guna mengubah penampilan perusahaan ini serta posisinya di dunia industri. Saya telah menargetkan perusahaan ini sebagai tempat untuk berkarir.

(C) Tatkala saya melihat iklan lowongan kerja di Internet, saya tidak begitu akrab dengan perusahaan ini. Saya mulai menanyai teman-teman dan rekan sejawat tentang apa yang mereka ketahui tentang perusahaan ini. Mereka semua punya komentar yang positif tentang peluang kerja di perusahaan ini. Saya telah mendengar bahwa perusahaan ini benar-benar memperlakukan para karyawannya dengan baik dan kompensasi yang ditawarkan di perusahaan ini berada pada tataran yang tertinggi.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena mendemonstrasikan keahlian yang dimiliki: bukan hanya melakukan riset atas perusahaan tersebut namun menggali lebih dalam informasi tentang para pendirinya, persaingan, produk-produk masa depan, dan saham. Jawaban ini memberikan informasi dan pengetahuan yang melampaui apa yang ada di website.

Jawaban Pertengahan

(B) Ini bukanlah sebuah jawaban yang buruk. Ada rasa antusias terhadap perusahaan dan sejarah penelitian. Jawaban ini kurang memberikan informasi tentang apa yang sekarang sedang terjadi di perusahaan, persaingan dengan kompetitor, dan posisi perusahaan di dunia industri. Semua informasi tadi dapat diperoleh dengan mencari secara on-line di Internet atau di perpustakaan umum.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak memberikan fakta-fakta apa pun. Sayangnya, kurangnya informasi yang dikuasai tentang perusahaan ini lazim terjadi pada para pelamar kerja. Sekurang-kurangnya, membuka situs perusahaan di Internet merupakan suatu hal yang esensial. Mengandalkan "ucapan" dari teman-teman dan rekan sejawat bukanlah suatu aktivitas penelitian yang baik. Jawaban ini juga terfokus pada "keuntungan yang bisa dipetik" dengan bekerja di perusahaan, bukan pada perusahaannya itu sendiri.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

14. "Menurut Anda apakah kualitas kunci bagi seorang support person (pribadi pendukung)?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Keahlian komunikasi adalah suatu hal yang paling kritis. Seorang support person yang baik harus dapat menghadapi sejumlah eksekutif dan para pelanggan kunci. Di sini keahlian komunikasi adalah sesuatu yang amat penting. Saya pernah harus merencanakan sekian banyak acara sosial dan konferensi di mana keahlian komunikasi saya memegang peranan penting atas suksesnya acara tersebut. Para atasan saya saat itu sangat tergantung pada keahlian komunikasi saya dalam menyampaikan pesan dan menerangkan situasi-situasi yang sensitif manakala diperlukan.

(B) Hal itu benar-benar tergantung pada sifat pekerjaan dan tanggung jawab yang dilibatkan. Kadang-kadang saya mendukung satu tim dan pada waktu lainnya saya bekerja sama dengan seorang atasan. Apa pun yang saya kerjakan, saya berusaha mengakomodasi setiap orang sebisa mungkin. Jika saya sedang bekerja pada seorang atasan, saya bertindak sebagai "tangan kanannya." Selama ini saya dapat mendukung para atasan saya dengan tetap bersikap fleksibel dan berusaha memenuhi ketentuan-ketentuan yang diberikan kepada saya.

(C) Beberapa keahlian kunci yang diperlukan adalah sikap teratur, memiliki keahlian komunikasi, bersikap fleksibel, dapat diandalkan, dan menjadi seorang pemain dalam tim. Keahlian-keahlian yang seperti ini adalah sebagian dari beberapa keahlian saya yang dapat dibanggakan. Saya memiliki keahlian komunikasi yang sangat baik dan memberikan sambutan yang baik manakala diminta untuk bekerja pada proyek-proyek yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan saya sehari-hari. Saya merespon dengan cepat dan tak pernah luput dari tenggat waktu. Teman-teman satu tim saya akan mengatakan kepada Anda bahwa jika saya sedang tidak ada pekerjaan, saya akan menawarkan bantuan kepada orang lain.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena menyebutkan kualitas-kualitas itu dan mengambil peluang untuk menunjukkan bahwa Anda memilikinya. Dengan membicarakan keahlian-keahlian kunci Anda maka jawaban ini menjadi lebih kuat, terutama dengan adanya endorsemen dari "teman satu tim."

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini tidak buruk, namun ia hanya fokus pada satu kualitas saja dan bukannya menyebutkan "kualitas-kualitas kunci." Jawaban ini memberikan contoh-contoh keahlian komunikasi dan bagaimana Anda telah menggunakan keahlian itu dalam pekerjaan Anda yang lalu. Akan lebih kuat jika Anda tadi menjawab pertanyaan itu sebagaimana yang ditanyakan. Pastikan bahwa Anda menyimak dengan baik—dan menjawab—pertanyaan yang ditanyakan.

Jawaban Terlemah

(B) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena kurang fokus dalam menyampaikan apakah kualitas-kualitas kunci itu dan apakah Anda memilikinya. Dengan memberikan sebuah jawaban yang "netral" Anda gagal memberikan kesan. Dalam hal ini yang ditanyakan bukanlah kualitas-kualitas kunci "Anda" namun tentang apakah kualitas-kualitas kunci itu menurut Anda. Tidak apa-apa mengatakan bahwa Anda memiliki kualitas-kualitas yang diperlukan sepanjang Anda menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu yang sama.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar