Senin, 26 Juli 2010

Cara menemukan ide

1. mencari di dalam, mencari di luar mencari di sekitar

ide yang kita temukan di otak biasanya terinspirasi dengan data-data yang terinput dari indra-indra kita. keluar dan cari ide itu, alam sekitar bisa jadi suatu gagasan besar daru hal yang terkecil. contoh:banyak orang terinspirasi dari hal-hal disekitar mereka seperti issac newton yang menemukan teori gravitasi karena apel yang terjatuh menimpa kepalanya saat dia mencari suatu gagasan di bawah pohon.

2. terus mencari walau gagal seribu kali

banyak dari kita langsung menyerah bila otak kita udah mentok. aduh ini bahaya. otak kita sebenernya sama kaya ukuran semua manusia dan kenapa ide kita ga sejauh ide mereka, jawabanya mereka tidak meyerah dan kita cepat putus asa. ayo dari sekarang hindari kata menyerah, bangun terus ide-ide baru dan gagal itu biasa. contoh: Thomas A. Edison gagal 1000 kali dalam proses penemuan bola lampunya, dan pada akhirnya dia berhasil menemukan formula yang tepat untuk temuanya. agan berapa kali gagal?

3. Kegagalan memang keberhasilan yang tertunda

sedikit sama dengan no.3 namun ini beda akhir objek. kadang proyek2 yang gagal langsung kita buang, seperti menuliskan surat cinta untuk nembak (sekarang udah ga jaman ya.. padahal asik loh) kalo jelek langsung kita robek atau buang. eits sebaiknya jangan langsung buang, coba biasakan di susun aja lagi hasil-hasil ide yang gagal dan coba kembali renungkan. bisakah semua ini saya satukan dan remukan menjadi sebuah mahakarya? contoh: anda perokok pasti tahu korek api, ya barang yang agan beli itu sebenernya produk gagal. korek api adalah penemuan gagal seorang ahli bahan peledak yang awalnya mau menciptakan bom baru, eh gagal malah laku di pasaran.

4. Lirik hasil Ide orang lain

bukanya nyotek, tapi gali inspirasi. iya toh kita pasti bisa dapet inspirasi dari melihat karya orang lain, bukan berarti kita harus tiruin, itu namanya copycat. melihat kan tidak selalu meniru, bahkan mungkin sebaliknya. kita menjadi kebalikan dari karya orang tersebut bila kamu menganggap karya mereka tidak bagus, seperti mereka yang beranggapan bahwa musik jazz musik slow tanpa ada semangat, unculah rock n roll. (mohon tidak di jadikan bahan pertentangan karena ini masalah contoh dan selera) dan ide bisa datang dari tempat yang tak terduga bukan. contoh: Galileo G. menentang teori bumi sebagai pusat tata surya dan berat menjadi faktor benda lebih dulu jatuh ke permukaan. dia mendapat kecaman dan terror tapi alhasil sampai sekarang teori nya si Galileo menjadi materi pokok pelajaran kita.

5. Berangkat dari yang ada

apa yang ada dan tidak perlu ke mana-mana jauh-jauh, siapa kita dan apa modal kita juga kemampuan kita dari situlah kita berangkat. tak perlu repot repot jadi orang lain atau pakai cara yang belum kita kuasai. berangkat dari diri kita saja. contoh: Soekarno Presiden pertama kita merumuskan pembangunan Negara kita, beliau merumuskan, sebagai Insinyur dia berpendapat bahwa kita tidak perlu memulai dari awal, kita tinggal melanjutkan pembangunan yang sudah ada, membangun dari apa yang sudah ada. salute

Tidak ada komentar:

Posting Komentar