Minggu, 25 Juli 2010

Trik Interview Kerja (15-26)

15. "Berikan gambaran tentang gaya kepemimpinan atau manajemen Anda."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya adalah seorang yang "sangat terdorong dari bawah." Pelanggan adalah produk yang paling penting dan satu-satunya yang memungkinkan untuk membayar tagihan. Ada sejumlah permainan. Makin banyak pelanggan yang Anda miliki, makin banyak pula pendapatan yang dihasilkan. Saya percaya pada pelayanan pelanggan. Saya percaya pada pemberdayaan tim saya untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuaskan pelanggan. Saya percaya bahwa bila Anda memiliki basis pelanggan yang solid, Anda memiliki bisnis yang menguntungkan.

(B) Saya memimpin dengan memberikan teladan. Saya bekerja keras dan menepati tenggat waktu, dan saya mengharap para bawahan saya juga melakukan hal yang sama. Saya tidak keberatan membantu bila memang ada masalah, namun saya tidak percaya pada gaya membimbing seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Saya memberikan penugasan dan berharap pekerjaan itu akan dirampungkan. Bila saya harus selalu mengawasi agar orang-orang menepati jadwal, saya bukanlah seorang manajer yang baik. Gaya yang saya sukai sebagai seorang atasan adalah pendekatan "bebas." Berikan saja penugasan pada saya dan biarkan saya mengerjakannya.

(C) Jika Anda menanyai anggota tim saya, mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang manajer yang fair dan terbuka. Saya setiap hari selalu ada. Tujuan saya adalah mengenali kekuatan orang-orang. Baru-baru ini saya mempromosikan seorang anggota tim yang mulanya adalah seorang karyawan yang bermasalah namun melalui suatu pelatihan secara pribadi dari saya, disertai dengan kemauan dari pihaknya untuk menambah waktu, dia kini telah menjadi seorang bintang.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada contoh spesifik dan endorsemen tidak langsung dari tim Anda. Ini adalah teknik yang baik untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab sebuah pertanyaan subyektif seperti yang satu ini. Ini juga menunjukkan adanya sebuah komitmen yang tulus pada para anggota tim dan membiarkan mereka tahu bahwa pekerjaan mereka dihitung dalam gambaran yang lebih besar dan memberikan contoh yang spesifik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini tidak memperlihatkan adanya pemahaman dasar tentang kepemimpinan. Ia tentu saja bicara tentang kemana fokus manajemen: "menghasilkan uang melalui para pelanggan." Akan tetapi, ia tidak bicara tentang pelanggan internal: sang pekerja. Ia bicara tentang pemberdayaan orang, yang mana hal itu positif.

Jawaban Terlemah

(B) Dengan menggantungkan pada bagaimana deskripsi jabatan yang ditulis dan apa yang sedang mereka cari, jawaban ini menunjukkan pendekatan manajemen yang sangat bebas. "Beri mereka kerja dan biarkan mereka berjuang" begitulah pesan yang disampaikan di sini. Hampir semua perusahaan lebih menyukai para manajer yang bekerja sama dengan dan membangun orang-orangnya.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

16. "Dengan cara bagaimana pekerjaan Anda yang sekarang ini atau pekerjaan Anda yang lalu membuat diri Anda siap untuk menambah beban tanggung jawab?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya punya pengalaman yang sangat luas dalam bekerja dengan para pelanggan pada pekerjaan saya yang terakhir. Pada awalnya saya harus belajar untuk menghadapi orang-orang yang sangat frustrasi dan ingin meluapkan perasaan mereka kepada saya. Harus saya akui bahwa pada mulanya memang sakit hati tatkala seseorang bersikap kasar. Sejak saat itu, saya telah mengikuti beberapa kursus tentang cara menjual dan perilaku manusia yang telah sangat membantu. Saya merasa perlu bahwa pengalaman itu dapat digunakan lebih lanjut pada pekerjaan seperti yang satu ini.

(B) Pekerjaan yang sekarang benar-benar tidak cocok buat saya. Saya di atas standar untuk melakukan hal itu dan agak bosan. Saya mengambil pekerjaan karena tahu bahwa saya dapat melakukannya tanpa perlu memulai dari awal. Pekerjaan sebelum yang satu ini benar-benar sebuah tipe lingkungan yang "melelahkan", dan saya membutuhkan sebuah pekerjaan yang posisinya tidak tinggi. Saya tidak siap untuk bergerak maju dan memberikan segala yang saya miliki untuk pekerjaan ini. Saya tahu bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini dan mendatangkan nilai tambah pada departemen ini.

(C) Pekerjaan saya yang terakhir adalah sebuah batu loncatan yang sangat bagus bagi saya untuk menambah tantangan-tantangan baru yang akan ditawarkan oleh pekerjaan ini. Saya pernah harus mengatasi segala jenis situasi dan orang pada pekerjaan saya yang terakhir. Setelah lima tahun pada pekerjaan itu saya siap untuk beberapa tantangan baru di sebuah industri baru. Saya tahu bahwa saya siap untuk naik ke atas dan akan baik pada pekerjaan ini karena saya punya kesabaran yang diperlukan untuk menghadapi orang-orang yang sulit.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan contoh yang jelas tentang perkembangan dan pengalaman. Ia juga bicara tentang pelatihan dan perkembangan untuk memperoleh pemahaman yang melampaui pekerjaan itu sendiri. Ini adalah sebuah contoh yang baik dalam memperlihatkan bagaimana pengalaman masa lalu Anda sebagai sebuah indikator dari kesuksesan masa depan Anda.

Jawaban Pertengahan

(C) Ini bukanlah jawaban yang buruk, namun fokusnya pada "apa yang ada di sana untukku." Hampir semua orang menginginkan "tantangan-tantangan baru" pada pekerjaan yang selanjutnya. Manakala fokus terlalu banyak pada tantangannya, maka menghilangkan apa yang Anda bawa untuk pekerjaan itu. Kalimat inti dalam proses wawancara ini adalah "Apa yang dapat Anda bawa pada perusahaan ini?"

Jawaban Terlemah

(B) Jawaban ini memiliki semua indikator dari seseorang yang menderita "kelelahan" dan mengambil pekerjaan apa saja sekadar untuk bertahan hidup. Sang pewawancara bisa saja punya alasan untuk berpikir bahwa hal ini akan terjadi lagi. Yang terbaik adalah jangan membicarakan hal-hal negatif dari suatu pekerjaan. Letakkan fokus pada pengalaman dan keahlian yang dapat Anda bawa pada posisi baru ini: "Saya dapat membawa nilai tambah pada pekerjaan ini karena pengalaman kerja terakhir saya di lingkungan yang berpacu dengan cepat."

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

17. "Apa yang paling Anda nilai pada diri seorang rekan dalam satu tim?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya telah bekerja dengan beraneka ragam orang, dan mereka yang paling bernilai bagi saya adalah mereka yang dapat diandalkan. Salah satu yang membuat saya kesal adalah menyerahkan sesuatu dan mendapati bahwa ternyata hal itu tak pernah diurus dengan baik. Saya tak mengerti bagaimana sebagian orang tetap bisa mempertahankan pekerjaannya padahal dirinya tak dapat diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

(B) Saya benar-benar menghargai teman satu tim yang suportif dan mau melakukan apa saja yang dibutuhkan. Salah satu proyek pada perusahaan saya yang terakhir benar-benar menguji kesolidan tim kami manakala salah seorang dari anggotanya mengalami kecelakaan dan harus beristirahat. Walaupun kami masing-masing punya tenggat waktu sendiri, kami semua terjun untuk mengisi kekokosongan manakala hal itu terjadi. Itu berarti dua akhir pekan panjang tambahan, namun kami memiliki tujuan yang sama. Kami mampu menepati tenggat waktu dan merasa senang bisa menolong seseorang yang ditimpa masalah.

(C) Saya menghargai keahlian komunikasi dalam suatu pekerjaan yang saya lakukan, namun khususnya lagi manakala saya bekerja dalam tim. Saya pikir adalah suatu hal yang esensial bagi siapa pun pada tim itu untuk bisa mengekspresikan dirinya secara jelas dan mampu menyimak dan mengikuti arahan. Manakala komunikasi terputus maka tim itu sudah tidak ada lagi. Keahlian berbahasa adalah bagian yang paling tim dalan usaha suatu tim.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena di dalamnya ada contoh yang jelas untuk mendukung pendapat Anda. Jawaban ini sekunder pada pesan yang disampaikannya. Kerja tim artinya adalah bergaul dan bekerja bersama.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini dapat dipandang sebagai keluhan atau negatif. Dapat diandalkan adalah sebuah ciri yang penting, namun jawaban ini akan menjadi lebih kuat bila dikemukakan dengan cara yang lebih positif: "Saya menghargai adanya sifat dapat diandalkan dari teman-teman satu tim karena itu berarti pekerjaan diselesaikan dan setiap orang dapat memetik manfaat."

Jawaban Terlemah

(C) Jawaban ini takes on a life on its own dan keluar dari jalur. Jawaban ini lebih menekankan pada komunikasi yang efektif dibandingkan "nilai teman satu tim." Jawaban ini tidak salah—keahlian berkomunikasi sangat diinginkan. Hanya saja hal itu tidak ada hubungannya dengan pertanyaan yang diajukan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

18. "Bagi Anda hal apakah yang terpenting dalam suatu pekerjaan/perusahaan?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya mencari perusahaan yang berorientasi pada pertumbuhan, sebuah tempat yang aman, di mana saya tumbuh bersama perusahaan itu. Ada banyak perubahan yang sedang berlangsung di dalam industri sehingga saya mencari sebuah perusahaan yang memiliki sebuah reputasi dan pondasi yang solid. Saya mencari pekerjaan yang mana tingkat perputarannya rendah karena hal itu biasanya adalah sebuah indikator dari bagaimana cara mereka dalam memperlakukan para karyawan dan memberikan kompensasi.

(B) Hal pertama yang saya cari dari sebuah pekerjaan adalah peluang ditawarkannya. Agar dapat berkesempatan bekerja pada sesuatu yang benar-benar menarik yang membuat berbeda dalam kehidupan pribadi atau profesional adalah ide saya tentang kepuasan kerja. Saya bukannya bermaksud bahwa saya ingin menyelamatkan dunia, namun bila saya dapat memberikan kontribusi pada sebuah perusahaan dan tujuan dari perusahaan itu, saya tahu di sana saya dapat menemukan kepuasan.

(C) Hal pertama yang saya cari adalah kepuasan kerja. Yang saya maksudkan dengan hal itu adalah sebuah perasaan bahwa pekerjaan saya ini faktanya adalah penting atau skema besar. Saya juga mencari pekerjaan yang memiliki peluang untuk maju. Saya ingin tumbuh bersama perusahaan tersebut. Terakhir, saya ingin membina hubungan yang menyenangkan dengan teman-teman sekerja saya. Saya menghabiskan banyak waktu pada pekerjaan saya dan ingin hal itu menjadi sebuah pengalaman yang baik.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena menawarkan nilai-nilai yang lebih luas dibandingkan yang lainnya. Kepuasan kerja menduduki puncak nilai bagi hampir semua pelamar kerja. Karena Anda menerangkan apa artinya kepuasan kerja bagi Anda, sang pewawancara memiliki ide yang lebih baik tentang minat karir Anda. Bacalah pada iklan lowongan kerja dan tentukanlah nilai-nilai apa yang penting di perusahaan tersebut. Bila nilai-nilai Anda sejalan dengan nilai-nilai perusahaan tersebut, ini adalah peluang untuk membuat sang pewawancara tahu bahwa Anda akan "merasa cocok" dan menikmati bekerja di sana.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak buruk, namun mungkin terasa sedikit terlalu ideal atau seperti "hafalan." Itu seperti menjawab bahwa Anda menginginkan perdamaian dunia. Memang ide yang bagus untuk berminat pada gambaran perusahaan yang lebih besar dan menjadi bagian dari gambaran tersebut, namun Anda akan terdengar lebih masuk akal dan realistik jika Anda sebutkan beberapa nilai yang memiliki basis yang lebih luas, seperti kerja tim, otentisitas, keseimbangan, atau kebutuhan atas adanya sebuah tantangan.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah yang paling lemah karena terlalu fokus pada keuntungan-keuntungan apa yang dapat Anda peroleh dari perusahaan. Jawaban ini dapat dilihat sebagai sebuah indikator dari rasa ketidakamanan Anda, menampilkan diri Anda sebagai seseorang yang sedang mencari keamanan di dalam sebuah perusahaan. Tak ada satu pun perusahaan yang dapat menjamin keamanan dalam situasi dunia yang suka berubah pada saat ini; hal itu adalah tujuan yang tidak realistis. Menanyakan tentang tingkat perputaran adalah sebuah ide yang bagus, namun jangan katakan itu sebagai salah satu kriteria Anda dalam sebuah tes wawancara.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

19. "Bagaimana cara yang Anda lakukan untuk senantiasa dapat mengikuti perkembangan mutakhir tentang industri dan teknologi yang sedang tren?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya melakukan semua hal yang standar. Saya membaca rubrik bisnis di koran setiap harinya. Saya meriset Internet untuk menggali informasi atas industri tersebut. Saya mengikuti organisasi jaringan lokal dan berlangganan jurnal sebuah industri. Saya adalah anggota sebuah organisasi profesional dan mengikuti pertemuan bulanan untuk membangun jaringan dan tetap menjaga kontak. Saya benar-benar menyukai apa yang saya lakukan, dan maka hal itu menarik bagi saya untuk belajar dan tetap mengikuti perkembangan mutakhir dari dunia kita yang senantiasa berubah ini.

(B) Saya memanfaatkan Internet dan mencek situs-situs berita untuk melihat apa yang sedang terjadi di dunia. Saya tidak baca koran, namun saya berlangganan majalah beritu mingguan sehingga saya tetap dapat mengikuti perkembangan mutakhir dengan cukup baik. Saya rasa saya lebih tahu banyak informasi dibandingkan orang rata-rata.

(C) Tidak banyak waktu tersisa setiap harinya setelah jam kerja saya yang panjang. Tahun kemarin saya bekerja lembur. Kehidupan saya yang sibuk tidak memungkinkan melakukan banyak hal selain menonton berita malam untuk mengejar peristiwa-peristiwa yang mutakhir. Saya selalu membaca newsletter dan buletin yang diedarkan oleh perusahaan agar tetap dapat mengikuti apa yang sedang terjadi di perusahaan tersebut.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Jawaban ini sangat natural dan terdengar rileks, namun meliputi setiap basis yang mungkin dan menyatakan bahwa Anda adalah orang yang "ada di luar sana" dan mengikuti informasi. Dengan melibatkan diri dalam kelompok-kelompok dan organisasi-organisasi Anda juga sedang melebarkan jaringan Anda, yang mana hal ini adalah cara nomor satu dalam mendapatkan pekerjaan. Tentu saja, dalam tes wawancara Anda mesti menyebutkan nama-nama spesifik dari newsletter-newsletter dan organisasi-organisasi itu.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak buruk; hanya saja jawaban ini membatasi informasi yang Anda peroleh pada sumber-sumber yang Anda gunakan untuk tetap mengikuti perkembangan informasi. Anda benar bahwa Anda mungkin memiliki informasi yang lebih banyak dibandingkan orang rata-rata, namun Anda sedang berkompetisi untuk berada di atas rata-rata dalam proses wawancara itu. Seringkali sebuah perusahaan mencari seseorang yang punya koneksi ke industri dan melihat pada kelompok-kelompok yang Anda ikuti.

Jawaban Terlemah

(C) Walaupun ini mungkin adalah jawaban yang "sebenarnya," ini bukanlah posisi yang tepat sebagai seorang yang tetap mengikuti informasi. Tanpa memandang posisi yang Anda pegang di sebuah perusahaan, tetap mengikuti perkembangan informasi tentang tren dan isu mutakhir adalah suatu hal yang krusial bagi kesuksesan pekerjaan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

20. "Apakah Anda yakin bahwa diri Anda overqualified (melampaui persyaratan yang diperlukan) untuk posisi ini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Apakah Anda khawatir pada kemampuan saya untuk berhasil pada posisi ini? Saya dapat menjamin Anda bahwa saya selalu bekerja keras dan menyelesaikan pekerjaan saya tak peduli apa gelar atau gaji saya. Pekerjaan saya sangat penting bagi saya, dan saya ingin tampil beda. Manakala Anda bicara tentang overqualified, saya tidak yakin apa itu maksudnya. Jika Anda pikir gaji saya terlalu tinggi, saya dapat menjamin pada Anda bahwa peluang ini jauh lebih penting daripada bayarannya. Saya ingin pekerjaan ini, dan jika Anda memilih saya, akan saya buktikan bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini, sambil membawa pengalaman dan kesuksesan yang saya miliki.

(B) Sejak pertama kali saya membaca iklan untuk posisi ini, saya tahu bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini dan mengerjakannya dengan baik. Saya memiliki pengalaman yang luas yang akan meningkatkan posisi ini sebagaimana digambarkan, dengan membawa ide-ide dan metode-metode baru. Saya punya catatan bukti keberhasilan dalam menata kekacauan dan mengatur pekerjaan agar berjalan secara efisien. Dari apa yang kita bicarakan selama hari ini, saya merasa bahwa saya dapat menjadi solusi bagi masalah Anda. Saya tidak akan menyebut hal itu sebagai overqualified. Saya akan menyebutnya sebagai suatu kelebihan yang ada pada diri saya.

(C) Hal itu tergantung pada definisi overqualified. Saya sudah lama berada di industri ini. Saya ingat masa-masa tatkala kami bekerja tanpa komputer. Saya sudah belajar dengan bersusah payah, bukan hanya dengan bersekolah seperti anak-anak muda itu, namun dengan kerja keras dan proses trial and error. Saya punya etika kerja yang sangat baik, dan siapa pun yang pernah bekerja pada saya akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang yang berdedikasi dan sangat dapat diandalkan. Saya selalu menepati tenggat waktu dan tujuan yang saya tetapkan bagi diri saya sendiri. Saya diajari untuk bekerja mencari penghasilan, bukan hanya mengumpulkannya dengan cara sekadar datang.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena terdengar penuh semangat dan persuasif. Anda dapat membawa sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan baru tersebut, dan Anda dapat memberikan nilai tambah. Salah satu yang menjadi titik kekhawatiran tatkala seseorang itu overqualified adalah bahwa dia tidak akan betah tinggal lama-lama. Kekhawatiran itu dapat disampaikan pada jawaban-jawaban berikutnya.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini tidak buruk; hanya saja ada nada putus asa, hampir seperti mengemis untuk mendapatkan pekerjaan. Situasi ini hendaknya bersifat win-win bagi setiap orang: "Ini apa yang hendak saya tawarkan. Apa yang sedang Anda cari?" Salah satu yang menjadi titik kekhawatiran dari seseorang yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun adalah bahwa gaji yang diminta akan terlalu tinggi. Bagaimanapun, yang terbaik adalah tidak mengangkat pokok pembicaraan ini hingga sang pewawancara menanyakan hal itu.

Jawaban Terlemah

(C) Jawaban ini terdengar usang dan perlu disegarkan. Tatkala seseorang berpikir bahwa Anda overqualified, mungkin saja dia sedang menghubungkannya dengan berapa tahun pengalaman Anda. salah satu hal yang mungkin dikhawatirkan oleh sang pewawancara adalah kemampuan Anda untuk be cutting-edge. Tatkala Anda bicara tentang tidak adanya komputer pada "masa-masa lalu yang indah," pewawancara mulai berpikir bahwa kecurigaan mereka itu benar.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

21. "Jika saya bertanya kepada teman-teman sekerja Anda tentang tiga hal positif pada diri Anda, apa yang akan mereka katakan?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Mungkin mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang yang sangat tahu tentang pekerjaan saya dan saya bersedia berbagi pengetahuan saya dengan mereka kapanpun mereka membutuhkan bantuan. Kedua, mereka akan mengatakan bahwa saya memiliki keahlian berorganisasi yang sangat baik. Saya membuat perencanaan di depan dan menepati jadwal yang dibuat. Yang ketiga, mereka mungkin akan mengatakan bahwa saya tahu kapan saatnya untuk tertawa. Saya sudah belajar dari pengalaman bahwa engkau tak perlu menganggap suatu situasi terlalu serius.

(B) Saya tidak benar-benar yakin apa yang akan mereka katakan. Kami semua bekerja bersama dengan baik namun tidak banyak interaksi sosial yang terjadi. Saya pikir mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang pekerja keras, karena memang begitulah saya. Saya pikir mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang yang sangat perhatian; paling tidak saya berusaha untuk itu. Dan saya pikir mereka akan bilang bahwa saya adalah seorang pemain tim. Saya selalu berusaha membantu orang lain.

(C) Itu adalah pertanyaan yang sulit. Saya pikir mereka akan mengatakan bahwa saya bertanggung jawab. Saya selalu bersikap kooperatif. Saya tidak bergosip atau terlibat dalam politik perusahaan. Pada sisi negatifnya, sebagian dari mereka berpikir saya menjaga jarak karena saya tidak ikut bergosip ria. Namun saya pikir yang terbaik adalah untuk menjaga agar pekerjaan tetap berbasis pada nonpersonal.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Ini adalah jawaban yang paling kuat bukan hanya karena contoh-contoh yang ada di dalamnya namun karena keahlian-keahlian yang disebutkan adalah paduan dari berbagai keahlian. Anda tadi memberikan contoh tentang pengetahuan kerja Anda; keahlian berorganisasi yang Anda miliki, yang dapat diterapkan pada pekerjaan apa saja; dan ciri-ciri kepribadian Anda, yang membuat diri Anda menjadi orang yang disukai. Adalah hal yang terbaik manakala Anda dapat memberikan paduan keahlian dan ciri-ciri. Itulah yang membuat diri Anda unik.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini akan lebih kuat jika Anda tadi memberikan beberapa alasan untuk mendukungnya, seperti, "Mereka mungkin akan mengatakan bahwa saya adalah seorang yang sangat perhatian. Saya selalu ingat hari ulang tahun siapa saja dan mengirim kartu atau hadiah kecil." Manakala Anda memberikan sebuah contoh beserta pernyataan itu, maka dampak yang ditimbulkannya akan lebih besar. Juga, hindari kata-kata "Saya pikir." Hal itu membuat Anda tampak kurang percaya diri.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak ada sebuah sudut pandang positif dan berubah menjadi negatif pada akhirnya. Jangan sekali-kali secara sengaja memberikan pikiran yang negatif tentang diri Anda sendiri jika tidak ditanyai tentang kelemahan yang Anda miliki. Jawaban ini tidak memberikan banyak kesan bahwa Anda adalah seorang pemain tim.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

22. "Mengapa kami harus menerima Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya dapat melakukan pekerjaan ini. Saya tahu saya bisa. Karena saya orang yang cepat belajar, saya punya kemampuan untuk menangkap segala sesuatu lebih cepat dibandingkan hampir semua orang. Sekarang ini saya sedang ikut kursus untuk belajar beberapa program komputer yang tidak saya ketahui. Saya dapat mempelajari pekerjaan ini dengan sangat cepat dan siap bekerja dalam waktu yang sesegera mungkin. Saya sedang mencari sebuah peluang untuk mencoba sesuatu yang baru.

(B) Keahlian saya berhubungan dengan orang adalah apa yang dapat saya bawa pada pekerjaan dan perusahaan ini. Saya punya kemampuan untuk mempelajari orang-orang dan memperlakukan mereka secara individual dengan cara yang hampir semua orang lain tidak bisa. Para pelanggan saya selalu bertanya kepada saya secara pribadi karena mereka tahu saya akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. Tatkala saya melihat iklan lowongan kerja ini di Internet, saya tahu bahwa pekerjaan ini adalah "milik saya."

(C) Jika Anda bandingkan antara kualifikasi yang saya miliki dengan persyaratan yang Anda perlukan, akan Anda lihat bahwa saya adalah orang paling mendekati sempurna untuk menduduki posisi ini. Anda sedang mencari seseorang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dan keahlian yang saya miliki dalam industri ini, dan di samping itu saya memiliki keahlian menulis yang sangat baik. Saya punya kemampuan untuk bekerja dengan beragam orang dari semua lapisan. Jika Anda hendak bertanya kepada mantan kolega-kolega saya, mereka akan mengatakan kepada Anda, "Dialah orangnya. Dia selalu membuat suasana penuh semangat dan pekerjaan mengalir."

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat. Cara terbaik untuk mempengaruhi sang pewawancara bahwa diri Anda adalah yang terbaik untuk mendapatkan pekerjaan itu adalah dengan menampilkan diri sebagai orang yang paling cocok dengan persyaratan yang diperlukan sedekat mungkin. Buatlah agar mereka tahu bahwa Andalah orang yang cocok dengan mengatakan kepada mereka tentang keahlian-keahlian Anda, khususnya pada area-area spesifif yang dibutuhkan. Jika Anda memiliki suatu hal yang dapat ditambahkan pada pekerjaan itu, maka ini akan menjadi suatu keistimewaan; mungkin saja hal itu bisa menjadi faktor yang menentukan apakah Anda akan mendapatkan pekerjaan itu atau tidak. Dengan mengutip pendapat dari teman-teman sekerja atau atasan membantu membuktikan poin yang Anda miliki tanpa Anda harus mengatakannya.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak sekuat (C), namun memiliki nada kebenaran. Pertimbangkanlah untuk menyatakan satu atau dua poin yang kuat yang Anda miliki di luar deskripsi pekerjaan: sebuah "nilai tambah." Jawaban ini juga memperlihatkan adanya rasa percaya diri yang kuat dan kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena ada nada putus asa. Sulit untuk menjual manakala Anda tidak memiliki persyaratan yang dibutuhkan bagi pekerjaan itu. Jawaban ini memang memperlihatkan adanya sikap yang bersemangat dan sebuah kemampuan yang terbukti untuk belajar dengan cepat, yang mana hal itu merupakan pendekatan yang tepat untuk diambil manakala Anda kurang memiliki keahlian. Ingatlah bahwa perusahaan tersebut tidak punya urusan untuk mengajari Anda hal-hal baru namun yang diinginkan adalah bagaimana pekerjaan itu selesai.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

23. "Jika saya hanya ingat satu hal saja tentang diri Anda, maka apakah itu?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya punya hobi tidak lazim yang mungkin Anda ingat untuk menyebut saya. Saya mengoleksi perangko-perangko yang ada kesalahan cetaknya. Saya memiliki koleksi yang bernilai jutaan rupiah.

(B) Orang dapat mengenang saya karena keahlian komunikasi saya dan pengalaman kerja saya dengan beragam orang yang sangat luar biasa. Saya benar-benar ingin menolong orang lain.

(C) Saya memiliki dua keahlian yang berbeda jauh namun keduanya itu merupakan ciri khas diri saya. Saya seorang pemain piano yang piawai dan "ahli" komputer. Saya dikenal orang karena kegandrungan saya pada keyboard.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat, khususnya bila keahlian komputer diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Tentu saja, Anda tidak akan selalu bisa mengaitkan hobi Anda dengan pekerjaan, namun dapat Anda lihat bagaimana hal ini akan membuat sang pewawancara mengingat diri Anda setelah wawancara tersebut selesai. Idenya adalah mencari suatu hal yang membuat Anda beda dengan orang lain.

Jawaban Pertengahan

(A) Ini adalah sebuah jawaban yang sangat menarik yang memenuhi syarat sebagai sebuah pernyataan yang "berkesan," namun tidak sekuat jawaban (C) karena tidak ada hubungannya secara langsung dengan pekerjaan tersebut. Andaikata Anda entah bagaimana caranya dapat mengaitkan hobi Anda dengan fungsi pekerjaan itu, maka jawaban Anda akan menjadi lebih kuat. Contohnya, Anda dapat mengatakan, "Saya memiliki koleksi perangko berharga yang langka karena saya hanya mengoleksi perangko-perangko yang cetakannya salah. Saya mulai melakukan kegiatan ini karena saya punya perhatian yang sangat kuat pada hal-hal yang rinci dan kemampuan dalam menangkap adanya kesalahan. Itu suatu tantangan bagi saya." Anda telah memberikan sebuah keahlian—"perhatian pada hal-hal yang rinci"—yang relevan dengan hampir semua pekerjaan.

Jawaban Terlemah

(B) Masalahnya pada jawaban ini adalah bahwa banyak orang lain yang juga dapat mengatakan hal serupa itu. Tak ada satu hal yang unik di situ. Ide bahwa Anda dapat bergaul baik dengan orang-orang dan punya keahlian berkomunikasi adalah suatu hal yang baik, namun Anda perlu menjabarkannya agar pernyataan itu jadi kuat: "Karena keahlian komunikasi saya yang sangat luar biasa saya mampu memecahkan masalah-masalah yang kompleks menjadi konsep-konsep sederhana yang mudah dicerna oleh orang lain yang memerlukannya. Saya dikenal sebagai 'kamus berjalan' di perusahaan saya yang sekarang ini."

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

24. "Berapa gaji yang Anda minta?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Gaji saya sekarang adalah Rp5.000.000,00. Saya juga memiliki saham dan mendapat bonus dan paket tunjangan yang sangat besar. Saya ingin membandingkan paket gaji dan tunjangan yang Anda tawarkan sebelum saya menyebutkan angka pastinya.

(B) Saya benar-benar membutuhkan informasi yang lebih dalam lagi tentang pekerjaan ini dan tunjangan-tunjangan lainnya sebelum saya bisa menyatakan angkanya. Saya pikir setelah saya mendapatkan fakta-faktanya kita dapat membuat kesepakatan soal angkanya. Bisakah Anda beritahukan kepada saya rentang gaji yang telah Anda anggarkan untuk posisi ini?

(C) Saya yakin bahwa berapapun yang Anda tawarkan akan berupa jumlah yang layak bagi seseorang yang memiliki pengalaman dan kualifikasi seperti saya. Saya lebih tertarik untuk bekerja pada perusahaan ini dan peluang-peluang yang diberikannya.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena Anda menunda menjawab perbincangan soal gaji itu hingga tersedia fakta-fakta yang lebih banyak. Pihak pemberi kerja pun juga diberi beban dengan menanyakan berapa rentang yang telah dianggarkan. Sebelum Anda memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai tanggung jawab pekerjaan itu dan rentang gaji yang dibuat bagi seseorang yang memiliki latar belakang pengalaman seperti Anda, Anda tidak bisa memberikan angka yang akurat kepada sang pewawancara.

Jawaban Pertengahan

(C) Memang sikap yang manis dengan berkata, "Saya percaya Anda memperlakukan saya dengan fair," yang dapat dipandang sebagai suatu sikap pasif. Tatkala tiba saatnya, Anda dapat menekan lebih kuat lagi untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Pastikan Anda tahu "berapa tarip" yang sedang berlaku bagi seseorang yang memiliki pengalaman dan kualifikasi di bidang Anda dengan mencek beberapa situs tentang gaji di Internet. Anda dapat menemukan tarip gaji yang sedang berlaku sekarang ini dengan melakukan pencarian "gaji" dengan menggunakan search engine favorit Anda di Internet.

Jawaban Terlemah

(A) Ada aturan dalam wawancara yang bunyinya, "Jangan pernah menyebutkan angkanya terlebih dahulu. Orang yang menyebutkan angka pertama kali, dia kalah." Tatkala Anda memberi angka seperti Rp5.000.000,00, maka Anda mengambil risiko karena bisa saja angka itu terlalu tinggi bagi posisi ini atau mungkin juga terlalu rendah. Yang terbaik adalah membuat sang pewawancara untuk menyebutkan jumlahnya dengan menanyakan "rentang gaji yang tersedia."

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

25. "Apakah Anda punya pertanyaan?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya ingin tahu bagaimana bonus yang disediakan dan bagaimana menentukan siapa yang akan menerima bonus dan siapa yang tidak. Saya juga ingin tahu lebih dalam lagi tentang pembayaran premi asuransi kesehatan.

(B) Anda tadi sudah sangat rinci dalam menjelaskan tentang syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Saya tidak punya pertanyaan lebih jauh lagi pada saat ini. Saya yakin nanti setelah mulai bekerja saya akan ada pertanyaan yang lebih banyak lagi.

(C) Salah satu hal yang telah dibicarakan selama proses wawancara ini adalah soal "branding" produk Anda. Dapatkah Anda katakan kepada saya apa maksudnya dan apa yang Anda ingin lihat untuk dikerjakan secara berbeda?

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memperlihatkan bahwa Anda selama ini telah menyimak dan menyadari bahwa salah satu proyek pertama Anda adalah bekerja pada isu "branding." Pertanyaan mendasar dalam proses wawancara ini adalah "Apa yang dapat Anda lakukan untuk kami?" Dengan menanyakan apa yang telah dilakukan dan apa yang belum, Anda memperlihatkan kemampuan untuk menyimak masalahnya, dan kemudian Anda dapat menyampaikan apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Jawaban Pertengahan

(A) Tergantung di mana Anda berada dalam proses wawancara itu, jawaban ini bisa saja tepat. Mungkin akan tidak baik jadinya mengajukan pertanyaan pada wawancara pertama sebelum dirasakan adanya suatu kepentingan yang menarik. Pertanyaan ini fokus pada apa yang akan Anda dapatkan dari bekerja pada perusahaan ini. Pada akhirnya Anda akan memerlukan informasi tersebut; tunggu saja hingga tiba saatnya untuk mengutarakannya, seperti pada wawancara kedua atau setelah pertanyaan itu ditawarkan.

Jawaban Terlemah

(B) Ini adalah jawaban yang paling umum dikemukakan oleh para pelamar kerja—"Tidak, saya tidak punya pertanyaan"—dan ini adalah jawaban yang salah. Sangat penting bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan untuk memperlihatkan perhatian Anda dan biarkan sang pewawancara tahu bahwa Anda selama ini menyimak.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

26. "Ceritakan kepada saya proyek terbesar yang pernah Anda kerjakan mulai dari awal hingga akhir."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Perusahaan tempat saya kerja dulu menerima sebuah order besar; sesungguhnya, itu adalah order terbesar pernah diterima oleh perusahaan itu. Order itu dari klien besar, dan penyelesaian dari order itu akan menjadi sebuah bonus besar bagi kami dan aliran pendapatan pada masa depan. Tantangan kami adalah pada isu penetapan harga. Untuk membuat desain apa yang kami mulai untuk didesain menjadi tidak masuk akal karena besarnya biaya untuk material dan tenaga kerjanya. Setelah banyak melakukan rapat kami pun mampu mengombinasikan beberapa ciri produk itu dan tetap memuaskan sang pelanggan. Saya tak pernah bekerja lebih keras pada sebuah proyek untuk memenuhi sebuah keinginan yang tidak masuk akal.

(B) Kami pernah mengerjakan sebuah proyek keselamatan yang hampir kami semua memiliki sedikit atau tidak punya pengalaman dalam hal itu sebelumnya. Kami benar-benar harus berkumpul dan berbagi informasi dan sumber daya untuk menggarap pekerjaan yang satu ini. Untunglah, kami semua dapat bekerja sama dengan baik dan saling mendukung. Kami mampu menggarap proyek ini dengan banyak mengerahkan upaya. Kami bekerja lembur dan tidak libur selama dua bulan. Kami bekerja erat dengan departemen-departemen lain di perusahaan itu guna memastikan bahwa kami memenuhi apa yang dibutuhkan oleh sang pelanggan. Kabar baiknya adalah bahwa saat itu kami mampu merampungkannya. Setiap orang benar-benar merasa senang dalam menggarap proyek ini.

(C) Saya diserahi tanggung jawab untuk membuat desain program keselamatan untuk sebuah order besar yang diterima oleh perusahaan terakhir saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah menyeleksi tiga orang teknisi papan atas untuk bekerja bersama saya. Kami bekerja sebagai sebuah tim, di mana masing-masing dari kami mendapat tugas menggarap satu bagian dari proyek tersebut. Saya memimpin kelompok itu dengan mengoordinasikan jadwal-jadwalnya dan memastikan bahwa semua tenggat waktu ditepati. Saya senantiasa berkomunikasi dengan para anggota tim saya dan selalu ada untuk membantu mencarikan jalan keluar yang dibutuhkan. Karena adanya keterbukaan komunikasi di antara kami berempat, kami pun mampu merampungkan proyek tersebut sebelum tanggal pengirimannya.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan sebuah gambaran yang sangat jelas, dengan rincian situasinya. Walaupun ini adalah sebuah situasi di dalam tim, sang pewawancara dapat melihat peran "Anda" dalam memecahkan masalah. Dengan menggunakan kata ganti "saya" Anda memberikan sebuah gambaran yang lebih jelas tentang keahlian-keahlian yang Anda gunakan. Contoh ini membicarakan tentang beberapa keahlian yang dulu Anda gunakan: kepemimpinan, koordinasi, mengikuti hingga selesai (follow-through), mengikuti alur (tracking), komunikasi, memecahkan masalah, manajemen waktu, dan menangani masalah-masalah yang sulit.

Jawaban Pertengahan

(B) Ada satu masalah yang khas dalam jawaban ini: Ada terlalu banyak kata "kami" (tepatnya ada tujuh kata) dan tidak cukup kata "saya" (tak ada satupun). Sang pewawancara tidak tahu apa peran Anda saat itu. Sementara penting untuk memberikan kredit poin bila memang layak, maka juga perlu memberikan gambaran apa yang telah Anda lakukan dalam menggarap proyek ini sebagai anggota tim atau pimpinan.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena terlalu banyak menekankan pada perusahaan dan proyek itu dan tidak cukup penekanan pada peran "Anda." Apa persisnya peran Anda dalam upaya yang dilakukan oleh tim ini? Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh pelamar kerja adalah tidak mengatakan apa peran yang mereka mainkan pada saat itu. Diperlukan lebih banyak rincian tentangt tindakan-tindakan yang telah Anda lakukan agar jawaban ini menjadi kuat.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar